5 Makanan Khas Palembang ini Punya Bahan Dasar yang Sama Lho!

By dewi siti nurfazriah - November 11, 2019


Menurut kalian apa yang membuat pempek itu enak?
Kalau menurut aku sih cuko nya atau kuah cukanya itu. Nggak semua yang menjual pempek punya rasa cuko yang sama. Kadang ada yang asam, ada yang manis, atau ada yang nggak karuan juga seperti yang pernah aku buat hahahaa. Iyaa, aku pernah iseng-iseng berhadiah gitu buat cuko pempek. Rasanya? Jangan ditanya. Ga enak sama sekali hahahaa..
Walaupun mencoba resep yang katanya anti gagal sekalipun, tetap saja rasanya nggak karuan. Jadi aku angkat tangan deh kalau disuruh membuat makanan yang satu ini. Makanya sewaktu di Bandung dulu, aku nggak terlalu suka sama makanan khas Palembang ini. Karena apa? Bukan karena pempeknya nggak enak, tapi karena cukonya yang kurang pas. 


Oiya, selain pempek, masih banyak makanan khas Palembang lainnya lho. Uniknya, sebagian dari makanan khas ini terbuat dari bahan yang sama yaitu tepung kanji/tepung sagu. 
Ada apa aja kira-kira? Kita bahas satu-satu yuk

1. Pempek
Seperti yang kita bahas di awal, pempek ini terkenal sekali sebagai makanan khas Palembang. Sepertinya nggak afdol kalau ke kota ini tanpa mencicipi kuliner satu ini. Pempek terbuat dari campuran ikan dan tepung kanji dan ketika matang biasa disajikan dengan kuah cuko. Pempek sendiri ada banyak macamnya lho. Ada pempek kapal selam, pistel, adaan, telor kecil, lenjer, pempek panggang, dan juga pempek kulit. Oiya satu lagi pempek dos, yaitu pempek yang nggak pakai ikan sebagai bahan utama. Jadi mirip-mirip seperti cireng hahahaa..

2. Tekwan
Terbuat dari bahan yang sama dengan pempek, hanya saja tekwan dibentuk bulat-bulat kecil dan disajikan dengan kuah kaldu udang, soun, dan irisan jamur kuping.

3. Laksan
Pempek lenjer yang sudah dipotong tipis (sekitar 1 cm) lalu disajikan dengan kuah santan. Biasanya laksan menjadi menu untuk sarapan pagi. 

4. Lenggang
Berupa potongan-potongan pempek yang ditaruh diatas daun pisang. Kemudian ditambahkan telur diatasnya. Kemudian lenggang dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Lenggang ini juga cocok dinikmati dengan kuah cuko. 

5. Celimpungan 
Berbahan dasar sama seperti pempek yaitu ikan dan tepung sagu, yang kemudian dibentuk bulat seperti bola. Mirip dengan laksan yang disajikan dengan kuah santan hanya saja Celimpungan ini disajikan dengan kuah santan berwarna kuning dan tidak pedas. 

Nah, itu dia 5 jenis makanan khas Palembang yang mempunyai bahan dasar yang sama. Jangan lupa untuk mencobanya saat datang ke kota Palembang ini yaa.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar