Senin, 03 Desember 2018

Udang Goreng Oatmeal

Udang Goreng Oatmeal
Udang adalah salah satu makanan laut yang banyak digemari orang. Ada banyak macam olahan dari si udang ini, dari udang saus tiram hingga udang saus padang. Tapi kali ini aku buat masakan dari udang yang cukup berbeda. Mumpung ada sisa oatmeal punya anak, cobain aja dicampur sama si udang. Cobain juga yuk...


Bahan :
250 gram Udang, kupas
100 gram Oatmeal
5 buah Cabai Rawit (boleh ditambahkan jika ingin lebih pedas)
5 lembar Daun Jeruk
5 Siung Bawang Putih (cincang halus)
1 Bungkus Tepung Bumbu (merk apapun)
Air secukupnya
garam dan gula secukupnya
Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara Membuat : 
  1.  Buat adonan basah dengan mencampur tepung bumbu dengan air.
  2. Lumuri udang dengan adonan kering (tepung bumbu tanpa air), pindah ke adonan basah, lalu kembali ke adonan kering.
  3. Lakukan hingga udang habis.
  4. Goreng  udang dalam minyak panas, hingga matang.
  5. Sisa adonan basah bisa digoreng untuk kremesan.
  6. Tumis bawang putih hingga harum.
  7. Masukkan daun jeruk, cabai rawit, Oatmeal, dan kremesan. Aduk.
  8. Masukkan udang tepung. Bumbui dengan garam dan gula.
  9. Udang goreng oatmeal siap disajikan.
Selamat mencoba...

Dimsum Kulit Tahu



Dimsum Kulit Tahu
Dimsum merupakan salah satu makanan ringan yang berasal dari negera China yang biasanya disajikan dengan cara dikukus ataupun bisa juga dengan cara digoreng. DIMSUM atau Dianxin (dalam bahasa Mandarin) secara harafiah dapat diartikan dengan sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dan frasa yi dian xin yi yang artinya sedikit tanda mata. Kemudian secara umum kemudian digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan.

Di Indonesia sendiri, dimsum sudah sangat familiar dan mudah ditemukan di berbagai restoran. Ada banyak jenis dimsum yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, antara lain siomay, hakau, char siu baau, mantao, tofu skin roll, dan banyak lagi.

Kali ini aku akan mencoba membagikan resep membuat Tofu Skin Roll atau Dimsum Kulit Tahu, tentunya sudah sedikit dimodifikasi agar sesuai dengan lidah keluarga dirumah.


Dimsum Kulit Tahu
Bahan :
250 gram udang kupas
250 gram dada ayam (tanpa tulang)
Kulit tahu (di beberapa tempat dikenal dengan nama kembang tahu)
Wortel parut (optional, karena aku buat sekalian untuk anak jadi diselipkan sayuran)
1 butir telur ayam
2 sdm tepung tapioka
garam dan merica secukupnya

Bumbu Halus :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 batang daun bawang (ambil bagian putihnya saja)  

Cara Membuat : 
  1.  Potong kulit tahu sesuai selera, lalu rendam di dalam air matang.
  2. Giling udang, dada ayam, telur, dan bumbu halus hingga tercampur rata. Bisa menggunakan food processor, bisa juga menggunakan blender.
  3. Setelah menjadi adonan, pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan tepung tapioka, wortel parut, garam dan merica. Aduk hingga rata.
  4. Ambil satu lembar kulit tahu, masukkan isian (kurang lebih satu sendok makan).
  5. Lalu gulung.
  6. Lakukan hingga semua isian habis.
  7. Setelah selesai, dimsum bisa dikukus atau di goreng.
  8. Sajikan selagi hangat, dan nimkati dengan saus sambal.
Selamat mencoba yaa, semoga resepnya bermanfaat. 

Resep Cumi Asin Cabe Gendot

Cumi Asin Cabai Gendot

Banyak yang belum mengetahui tentang si cabai gendot ini. Cabai gendot atau cabai gendol (Capsicum chinense; dikenal pula dengan sebutan Habanero) adalah salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala scoville. Di Indonesia, cabai jenis ini di Jawa Barat dinamakan cabai gendot atau cabai bendot, sedangkan di Jawa Tengah dinamakan cabai gendol. Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung. Untuk penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di sekitar Bandung, Jawa Barat dan di sekitar Dieng, Jawa Tengah (Sumber :Wikipedia).


Hasil gambar untuk cabe gendot
Penampakan si Cabai Gendot

Dilihat dari bentuknya, cabai ini mirip dengan Jalapeno (cabai dari Meksiko). Tetapi jika dari segi rasa, cabai ini teksturnya renyah seperti paprika, hanya saja lebih pedas. Cabai ini dapat diolah dengan berbagai bahan masakan, dan untuk mengurangi rasa pedasnya kita bisa membuang biji yang terdapat di dalamnya.

Kali ini, aku akan membagikan resep olahan cabai gendot yang dimasak bersama cumi asin.

Cumi Asin Cabai Gendot
Bahan :
100 gram cumi asin, rendam terlebih dahulu
5 buah cabai gendot
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang
3 lembar daun jeruk
100 mL air 
2 sdm kecap manis
1 sdt penyedap rasa

Cara membuat :
  1. Goreng cumi asin yang telah direndam dalam air hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan. 
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan daun jeruk hingga wangi. Lalu masukkan cabai gendot.   
  3. Masukkan air. Masak hingga cabai matang.
  4. Masukkan cumi, kecap, dan penyedap. Koreksi rasa.
  5. Setelah semua matang, angkat dan siap disajikan. 
 
Itulah salah satu olahan dari si Cabai Gendot ini. Mudah sekali untuk memasaknya. Silahkan dicoba di rumah.

Selasa, 20 November 2018

Happy Mommy , Baby Happy

Suatu pagi, seorang teman tiba-tiba menelpon dan menangis. Dia merasa sedih karena sedang sendirian di rumah. Padahal biasanya juga sendirian ditinggal suami kerja dan biasa saja. Aahh bisa jadi karena dia baru saja menjadi Ibu.

Jadi beberapa waktu lalu temanku ini baru saja melahirkan, mungkin karena alasan itulah kenapa dia jadi mudah sedih oleh sesuatu hal yang orang anggap sepele. Hal itu merupakan hal yang wajar, dimana sebagian Ibu yang baru melahirkan mengalami perubahan psikologi seperti merasa sedih, mudah tersinggung, merasa tidak percaya diri, khawatir dan cemas.

Aku bilang padanya untuk tetap tenang, jangan sedih dan jangan memikirkan hal-hal yang akan membuatnya semakin sedih. Lalu aku juga bilang kasihan anaknya, kalo Ibunya sedih nanti anaknya ikut sedih, nanti anaknya rewel.
Seakan membenarkan perkataanku, temanku bertanya "eh emang iya ya bisa bikin anak rewel ? Soalnya dari tadi juga adenya nangis terus". Temanku mengakhiri percakapan kita di telepon, berusaha untuk tidak sedih lagi. Selang beberapa menit kemudian dia mengabari "anak aku udah ga nangis, iya kali ya karena aku tadi sedih adeknya jadi ikutan sedih dan rewel".

Sabtu, 06 Oktober 2018

#MODYARHOOD : STYLE BEFORE AND AFTER MOTHERHOOD


Apakah jadi Ibu mengubah Style kita ?
Ga banyak yang berubah setelah menjadi Ibu, penampilanku masih sama seperti sebelum jadi Ibu, bahkan sebelum menikah penampilannya ya begini-begini aja. Cuma setelah jadi Ibu tuh rasanya makin ga mau “riweuh” pengennya yang simpel-simpel aja. Iya sesimpel pake kerudung instan, seenak mie instan (#apasih). Apalagi kalau ada acara keluar, pasti yang paling riweuh itu ya Ibu, nyiapin baju anak-anak, baju suami, mandiin anak-anak, bajuin anak-anak. Giliran mereka udah pada siap, Ibunya yang masih hilir mudik cari baju setrika kerudung. Belum lagi Ayahnya suka nyeletuk aja gitu “ih lama banget sih ?” zzzz minta dicolok nih matanya haha.
Alasan lain kenapa milih pake kerudung instan adalah biar gak perlu pake jarum pentul, takut banget anak luka kena jarum di kerudung sewaktu gendong-gendong. Lebih aman aja jadinya kalau pake yang instant hehe.

Kamis, 20 September 2018

Maaf nak, Tak Ada Perayaan Ulang Tahun Untukmu

Assalamualaikum anak gadis ibu
Dua tahun lalu tepat di tanggal ini, kamu lahir nak
Bahagia rasanya denger tangisan kamu
Tapi maaf ya nak, tidak ada perayaan di hari ini, tidak ada kue, tidak ada kado, atau hanya sekedar tiup lilin.

Di hari ini, usiamu bertambah dalam hitungan angka
Tapi berkurang masa hidupmu di dunia
Karena itulah, ibu rasa ga perlu merayakannya

Rabu, 19 September 2018

Kenapa Saya memilih MONTESSORI?



Awal mula tahu tentang permainan montessori itu saat masih menjadi admin di grup @mommiesharing (silahkan cek ig nya untuk dapetin berbagai macam informasi seputar parenting).
Jadi waktu itu ngobrol dengan salah satu admin, dikenalkanlah metode montessori ini. Liat di instagram nya banyak ide bermain sama anaknya, dan mulai tertarik sama montessori ini.

Mengenal tentang permainan montessori
Montessori di rumah, belakangan menjadi konsep bermain sambil belajar yang populer, terutama bagi keluarga yang menerapkan homeschooling.

Menurut Wikipedia, Metode montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Selasa, 18 September 2018

Resep Otak-Otak Goreng

Kali ini nyobain bikin otak-otak dari ikan tenggiri.
Tapi maafkan lah bentuknya yang ga karuan, ga bisa bentuknya haha
Tapi rasanya bisa dipertanggungjawabkan ko 😁

_______________________________________________________________________________

Me Time Ala Ibu Dowi


Mempunyai waktu luang yang bisa kita nikmati sendiri atau yang sering kita sebut dengan “Me Time” sangat penting bagi para Ibu untuk menjaga ke-Warasan.
Setiap ibu punya cara tersendiri dalam menikmati Me Time nya, termasuk saya. Inilah Me Time ala Ibu Dowi :

Senin, 10 September 2018

My Inner Child

Hasil gambar untuk inner child
 
Nak...
Di tubuh ibumu ini ada banyak amarah
Ada banyak rasa kecewa
Juga sakit hati
Tapi demi kalian ibu harus mengikhlaskan
Mengikhlaskan semua nya
Melupakan semuanya
Memaafkan semuanya



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Minggu, 09 September 2018

Mom-Shaming

Mom shaming

Apasih mom shaming ?
Istilah mom-shaming berarti merendahkan seorang ibu karena pilihan pengasuhannya berbeda dari pilihan-pilihan yang dianut si pengkritik.

"Ko anaknya dikasih sufor ?"
"Ko anaknya dikasih makanan instant sih ?"
"Eh itu gendong bayinya ko begitu ?"
"Anaknya pakai dot ya ? Kasian banget"

Pernah denger kalimat seperti itu ? 
Atau pernah dapet kalimat seperti itu dari orang lain ?
Atau jangan-jangan pernah melontarkan kalimat seperti itu ke orang lain ?

Itulah kalimat-kalimat yang sering diucapkan oleh para pelaku mom shaming. 

Rabu, 05 September 2018

the reason

Bismillah

Sebenernya ibu ini suka banget random curhat gitu. 
Di instagram, atau di insta story. 
Sempet kepikiran buat bikin tulisan aja di blog, sempet ada yang ngajakin juga buat ikutan nulis, tapi dengan alasan kesibukan membersamai maryam dan athar jadilah selalu tertunda untuk buat blog dan tulis cerita keseharian ibu dan dua anak ini.


Sampai akhirnya ibu ini bergabung di komunitas institut ibu profesional (IIP) sumatra2. Di IIP ini kita bakalan dapat materi dan satu tugas disetiap minggunya. 
Nice HomeWork (NHW) julukannya.
Satu persatu NHW dikerjakan, dan setelah mengerjakan NHW ini, jadi bertanya-tanya apa misi hidup saya, dan apa manfaat saya untuk orang sekitar.
Peran apa ya yang kira-kira bisa saya capai dalam waktu dekat, yang tentunya bermanfaat.
Daaaannn disinilah saya sekarang, saya mau menulis saja, mau jadi seorang blogger. Blogger yang semoga dengan tulisannya ini bisa menginspirasi banyak orang. Blogger yang dengan tulisan tentang kesehariannya ini bisa membuat ibu-ibu diluaran sana tidak merasa sendirian menghadapi masalah keIBUan yang penuh dengan drama. 

Bismillah. Semoga bisa menginspirasi kalian semua ya para Ibu
 

Ibu Dowi Template by Ipietoon Cute Blog Design