Tips Menyimpan Bahan Makanan Di Rumah Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Busuk!

By dewi siti nurfazriah - November 14, 2019




Walaupun terkesan ribet, tapi ini benar-benar memudahkan kita dalam urusan memasak selama satu minggu kedepan.

Food Preparation adalah teknik/metode yang digunakan dalam menyiapkan berbagai macam jenis bahan makanan agar tertata dengan baik dan juga membuat bahan makanan tetap segar hingga beberapa hari berikutnya.

Aku sendiri mulai menggunakan teknik Food Preparation sejak aku mempunyai cukup container/wadah untuk menyimpan beberapa jenis bahan makanan di lemari es. Apalagi sekarang sudah banyak yang menjual food container dengan harga dan merk yang beragam. 

Aku terbiasa membeli bahan makanan di pasar untuk kebutuhan satu minggu. Mulai dari ayam, ikan, sayuran, hingga bumbu dapur seperti bawang dan rempah-rempah lainnya. alasannya, pasar ini terletak cukup jauh dari rumah sedangkan di sekitar komplekpun jarang ada penjual sayur yang lewat. kalaupun ada, pasti hanya tinggal tersisa sedikit. Sebelum aku menggunakan teknik ini, aku menyimpan seluruh bahan makanan yang sudah aku beli dari pasar ke dalam lemari es dengan asal-asalan. Selain membuat bahan makanan menjadi cepat busuk, menyimpan bahan makanan dengan asal-asalan juga membuat lemari es berantakan dan mudah kotor. 


Manfaat Food Preparation

1. Hemat Waktu Memasak
Setelah menggunakan teknik foodprep, kita tidak lagi sibuk menyiapkan bahan makanan untuk dimasak, karena tinggal mengambil sayuran yang sudah disiapkan. 

2. Lemari Es Lebih Rapi dan Tidak Mudah Kotor


Dulu, aku harus berkali-kali membersihkan lemari es karena sisa-sisa bahan makanan yang membusuk atau kotor karena bahan makanan yang masih terdapat tanah seperti daun bawang. Tapi sekarang, aku tak perlu lagi sering-sering membersihkan lemari es karena semua bahan makanan tersimpan rapi di dalam container. Melihat isi lemari es yang rapi juga membuat kita jadi semangat memasak lho.

3. Hemat
Karena bahan makanan ini terjaga kesegarannya, jadi tidak ada yang terbuang. Selain itu, kita juga tidak perlu setiap hari belanja sayuran. Kita jadi dapat memastikan mana bahan makanan yang masih ada atau yang sudah habis. Jadi kita bisa mengontrol diri saat sedang berbelanja (tidak beli yang tidak perlu)


Tips and trik Food Preparation


Melakukan foodprep ini memang gampang-gampang susah. Kita harus menyediakan waktu minimal 30 menit setelah pulang berbelanja dari pasar untuk merapikan semua bahan makanan. Adapun tips dan trik foodprep ala Ibuk, antara lain :

1. Buat menu untuk satu minggu agar kita tahu pasti apa yang akan kita beli sewaktu di pasar

2. Untuk ikan, ayam dan daging disimpan terpisah sesuai porsinya. Contoh, saat aku membeli satu kilogram ayam akan aku jadikan dua menu masakan, jadinya ayam tersebut aku pisahkan ke dalam dua container tertutup. Untuk ikan, aku selalu meminta penjual di pasar untuk membersihkan ikan dari jeroan dan sisik, sehingga saat dirumah, aku tinggal memasukkannya ke dalam containerJangan lupa untuk menambahkan potongan jeruk nipis sebelum memasukkannya ke dalam freezer.


3. Untuk sayuran seperti kangkung dan bayam, aku petik terlebih dahulu. Masukkan  kedalam wadah tertutup dan taruh di dalam lemari es. Sayuran dicuci sesaat sebelum dimasak.  Sedangkan untuk sayuran lainnya seperti wortel, cabai, kol, dan lain-lain bisa disimpan di wadah tertutup yang sebelumnya sudah dialasi dengan tisu dapur. Tisu ini berguna untuk menyerap air yang dihasilkan saat bahan makanan dimasukkan ke dalam lemari es. 

4. Untuk bawang merah dan bawang putih, aku taruh di sebuah tray dan menyimpannya di tempat yang kering. Hal yang sama dilakukan pada kentang.

5. Siram tahu dengan air panas sebelum dimasukkan kedalam lemari es.

Semoga tips ini bisa membantu kalian semua dalam menyiapkan bahan makanan yaa. Selamat mencoba ^_^




  • Share:

You Might Also Like

24 komentar

  1. Nah, aku dapet ilmu baru nih, biasanya aku kalo nyimpen ayam atau ikan ya aku jadiin satu aja gitu, terus kalo mau masak ya aku ambil sebagian terus sisanya aku masukin kulkas lagi.
    Dan aku juga baru tau kalo nyimpen ayam atau ikan itu dikasih jeruk nipis.

    Kalo sayuran atau cabe aku suka pake kertas, next..aku pakai tisu aja ya, hehee...

    makasih mbak tipsnya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama2 mba,
      kalau si ayam, daging dan ikan biasanya kalau udah keluar dri kulkas ga boleh masuk kulkas lagi. itu kenapa dimasukin perporsi masak si ikan/ayam/daging

      Hapus
  2. Duh ilmu baru sist.. bagus bgt di aplikasiin di rumah.. soalny kulkasku suka berantakan sama bahan2 yg di susun gak jelas dan cpt bner busuknya pdhl udah msk kulkas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya pengalamanku waktu awal2 juga bgtu. kulkas berantakan bikin males masak. belum lagi bahan makanan yg cepet busuk. jdinya banyak yg kebuang

      Hapus
  3. Rapi bener si teh kulkasnya. Jadi semangat nge food prep juga ah :*

    BalasHapus
  4. Wah. Selama ini ku nggak tahu ternyata ada tips-tips ini. Kayaknya bakalan ngomomg sama adik nih tentang ini. Nice infooooo~

    BalasHapus
  5. Yampooon-yaampon. Kangen ngisi kulkas kek gini kalo abis belanja mingguan. Jadi weekday seminggu kedepannya sudah tahu mau masak apa dan sudah tersedia semuanyaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe isilah kulkasnya. biar jadi anak kosan tetep semangat masak hahahaha

      Hapus
  6. Tips keren dan bermanfaat. Kalo sufah disimpan bersih gini, enak. Kulkas bersih, mau masak juga gampang tinggal potong2 bumbu,sreng2 deh.

    BalasHapus
  7. tips nya memberi inspirasi untuk menyipan makanan di kulkas biarbrapi bersih dan irit

    BalasHapus
  8. Kalo ikan gitu selain jeruk nipis biasa kutaburin garam juga biar combo ga amis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah iya juga ya garam juga kan bisa sbgai pengawet gtu
      makasih mba tips nya

      Hapus
  9. Ini kerjaan aku tiap minggu sepulang dari pasar, hahahaha. Enak banget memang kalau melaksanakan food preparation. Selain kulkas tampak bersih, kulkas juga jadinya ga bau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, walopun pulang dari pasar repot beresin belanjaan
      tapi bikin ringan hari-hari berikutnya
      dan ga harus sering2 bersihin kulkas

      Hapus
  10. berguna bgt utk calon ibu rumah tangga kaya aku.. *halahhh.. sok lu Mol. XD


    tapi beneran mbak ini yg dilakukan mama molly kalo balek dari pasar hehe

    BalasHapus
  11. Sebagai calon ibu rumah tangga (Amin, Amin, Amin) , tips ini bakal bermanfaat banget untuk Ara, Mbak.

    Sekarang belum, karena masih anak Kos yang ribet kalo masak sendiri. Tapi disimpen baik-baik ini di otak biar ga lupa... Makasih ya mbak...kunjungan balik ini 😹

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe smoga bermanfaat yaa
      didoain smoga cepet jdi istri #eh hahaha

      Hapus
  12. Ini beneran membantu dan berguna banget sih buat rapihin isi kulkas. Apalagi kalo mager tiap mau masak harus cari sana sini dimana naronya. Belum lagi kotor dan kulkas jd bau kan, mau bikin gini juga aah cari tambahan container dulu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh skrang banyak food container yang murah dan bagus ko. jadinya lebih memudahkan heheh
      semangat mbaaak

      Hapus