YUK COBA CARA INI, UNTUK MENJAGA KEHANGATAN DALAM RUMAH TANGGA!!!

By dewi siti nurfazriah - Februari 19, 2020


Flyer Live Ig Bersama Estrelita Gracia
created by : @dewi_fazri

Minggu malam (16 Februari 2020), aku sebagai salah satu admin Komunitas Mommysquad, mempunyai acara LIVE Instagram bersama mba Esta yang merupakan seorang konsultan  yang concern pada pernikahan dan keluarga antar budaya (Cross-Cultural Marriage).
Berhubung masih dekat-dekat dengan hari kasih sayang atau valentine #eeaa haha, jadi tema yang diambil yaa seputar cinta, yaitu “Menjaga Kehangatan Cinta Kasih Rumah Tangga”. Banyak hal yang harus diperhatikan agar kita hubungan yang terjalin antara pasangan suami dan istri tetap hangat dan penuh cinta. Kita juga tidak bisa memungkiri yaa, terkadang ada rasa bosan yang hinggap. Apalagi jika usia pernikahan kita sudah diatas lima tahun. Tapi jangankan untuk yang sudah lima tahun, akupun yang baru empat tahun hidup bersama sang suami, kadang suka jenuh. Pernah suatu hari aku perhatikan muka suami lalu bilang “aku tuh bakalan hidup sama kamu dalam waktu yang lama ya. Bosen gak ya ? hahaha”
Oleh karena itu, di LIVE Instagram kemarin, mba Esta membagikan beberapa tips untuk kita bagaimana cara menjaga kehangatan di dalam rumah tangga ini. Apa saja sih kira-kira tips nya ? Yuk disimak !

Hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kehangatan rumah tangga adalah  kita harus tahu 3 prinsip/pilar yang harus dimiliki setelah menikah, antara lain :

KENALI BAHASA CINTA DARI SUAMI/ISTRI

Bahasa cinta itu sendiri ada lima macam, antara lain :

  • QUALITY TIME (waktu berkualitas)

Created by : @dewi_fazri

Jadi, bagaimana kita mau memperlakukan dan  diperlakukan orang lain dari banyaknya waktu berkualitas yang kita punya. Contoh, ada orang yang hanya ditemani mengobrol itu sudah bermakna bagi mereka. waktu berkualitas disini juga, benar-benar memanfaatkan waktu bersama ya bersama pasangan. Jangan sampai kita berdekatan dengan pasangan tapi kita sibuk satu sama lain (pegang gadget misalnya).

  • RECEIVING GIFTS

Created by : @dewi_fazri

“Receiving gifts itu apa sih ? Bukan berarti kita menjadi matre ya, kebanyakan orang salah paham soal ini. Mungkin memang rata-rata wanita yang suka , karena kita sebagai wanita suka diberikan hadiah.” Ungkap mba Esta saat Live Ig bersama Mommysquad.

Kita tidak menilai dari nilai hadiahnya (mahal atau murah) yang diutamakan, tetapi bagaimana kita melihat cara orang memperhatikan dan memperlakukan kita. Dengan mereka memberikan kita hadiah, itu artinya mereka ingat dengan kita.




  • WORDS OF AFFIRMATION


Created by : @dewi_fazri


Merupakan ungkapan kata-kata sederhana yang bisa kita ucapkan kepada pasangan seperti kata-kata dukungan, pujian atau semanga.Bahasa cinta yang ketiga ini pun, kebanyakan wanita yang senang menerima dan melakukannya.

“kamu cantik sekali hari ini, kamu seksi ya hari ini, atau kamu jago masak ya. Nah segala pujian ini suka diterima dan dilakukan oleh wanitA. Inilah contoh word of affirmation” Ucap mba Esta.

  • ACT OF SERVICE

             
Created by : @dewi_fazri

Yang keempat ini jelas artinya kalau kita melakukan sesuatu untuk orang lain atau dalam artian lain melayani. Melakukan sesuatu hal kecil yang membuat pasangan kita senang. Misalkan kita melihat kebiasaan pasangan kita minum air putih saat malam hari, kita bisa menyediakan air minum di kamar, atau di dekat tempat tidur agar pasangan kita bisa dengan mudah mengambil minum saat haus.
Mba Esta menambahkan, hal-hal kecil seperti itu biasanya bisa membuat pasangan merasa diperhatikan dan tentunya merasa senang.

  • PHYSICAL TOUCH

Created by : @dewi_fazri

Memberikan pelukan, sentuhan sayang, atau mungkin berpegangan tangan adalah salah satu bentuk bahasa cinta dari physical touch ini.

Dari kelima bahasa cinta diatas, kita bisa amati bahasa cinta manakah yang paling membuat pasangan kita senang. 

RUTINITAS BERSAMA
Ada empat aspek yang harus terpenuhi secara seimbang, yaitu:
  1. Kebutuhan fisiologis (physical)
  2. Kebutuhan psikologis (psychological)
  3. Kebutuhan sosial (social)
  4. Kebutuhan keagamaan (spiritual)

BANGUN VISI/TUJUAN KELUARGA BERSAMA
Sebagai suatu organisasi, pasutri sebaiknya membangun visi dalam keluarga. Hal ini bertujuan untuk menjadikan fondasi yang kuat dalam menjalankan misi di kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah tips yang bisa kita praktikkan dirumah untuk menjaga kehangatan dan memupuk cinta yang kita miliki untuk pasangan. Selamat mencoba ya!



  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Bukan cuma pasangan sih, sama temen juga kadang perlu memahami bahasa cinta mereka juga ya?. Meski kadang susah juga ya ngungkapin bahasa cinta kita sebenernya seperti apa. Ada assesment gak kira-kira ya buat tahu bahasa cinta kita dominannya apa. he he..
    makasih pencerahannya

    BalasHapus
  2. Visi keluarga penting banget ya Teh, pun saling tahu visi masing-masing anggota keluarga, biar bisa saling mengingatkan dan mendukung.

    BalasHapus
  3. Aku sama suami pacaran 5 tahun, menikah 11 tahun, total 16 tahun. Memang ada beberapa point di atas yang kami praktekkan secara berkala untuk merawat hubungan. Ulasan yang menarik dari Mommysquad. Ditunggu topik selanjutnya :D

    BalasHapus
  4. Angguk-angguk di masing-masing poin. Semuanya penting! kadang pasangan yang sudah lama nikah mengabaikan hal ini, padahal harus rutin dilakukan. Kayak kasih hadiah itu, dianggap udah biasa karena udah nikah lama haha, padahal kejutan sederhana berupa kado atau hal-hal yang bikin seneng pasangan itu penting banget biar hubungan hangat terus
    :)

    omnduut.com

    BalasHapus
  5. Memang terkadang ada kejenuhan dalam menjalani rutinitas sehari-hari dimulai bangun pagi sampai tidur lagi, apalagi terkadang ada hal-hal yang membosankan dari pasangan kita.
    Tips dari Mommysquad hampir semuanya rutin aku lakukan bersama pasangan. Mudah2an buat semua yang sudah berumah tangga maupun sedang dalam proses menuju halal, tetap langgeng dan harmonis bersama pasangan..Aamiin..

    Makasih Tipsnya mbak...

    BalasHapus
  6. Ada bagusnya materi ini juga diikuti suami. Karena visi harus sejalan. Kalau cuma istri aja yang mengerti hal-hal di atas, bakal ada ketimpangan.

    BalasHapus
  7. ehemm.. ehemm.. molly belom punya suami baca ini jadi baperr ahahaa.. doain ya mbak semoga lekas dapet jodoh #eh aamiin biar bisa praktekin tips mba

    BalasHapus
  8. Tipsnya keren banget,ibarat tanaman cinta dalam rumah tangga perlu dipupuk disirami sesekali juga dibersihkan dari gulma 😁

    BalasHapus
  9. Ngobrol sebelum tidur buat saya penting, paling tidak sling tau bagaimana aktivitas masing-masing, termasuk endapan-endapan kalau ada. Baca tulisan ini, jadi bisa dikembangkan lagi bagaimana hubungan di dalam keluarga. Nice tips.

    BalasHapus
  10. Belum berumah tangga. Hahaham tapi bakalan aku catet tipsnya. Kadang emang butuh banyak pelajaran buat ke jenjang pernikahan ya. 😂😂😂

    BalasHapus
  11. jadi ingat kata rene
    perempuan itu ada 4 tipe
    kata-kata, sentuhan, hadiah, tindakan
    jadi cara berkquality timenya didasarkan pada tipe-tipe itu
    hehe

    BalasHapus
  12. Tidak hanya organisasi saja ya yang memiliki visi dan misi, di keluarga juga penting banget agar bisa merencanakan apa yang akan dilakukan nanti hari ini, besok, dan yang akan datang.. Jadi sudah terencana agar tidak berantakan.

    BalasHapus
  13. quality time itu is a must kalau dalam hubungan apapun

    BalasHapus