KEEP WARAS BERSAMA MOMMYSQUAD

By dewi siti nurfazriah - Februari 17, 2020



Pada tanggal 13 Desember 2018, aku bersama tiga teman online, membuat sebuah komunitas. Eh, kok teman online ? Hahaha iya, karena memang sejak awal kami belum pernah bertemu, dan hanya mengobrol melalui aplikasi chatting, whatsapp. Tapi banyak hal yang membuat kami berempat yakin untuk bekerja sama dan pada akhirnya membuat sebuah komunitas. Mommysquad, namanya.

Mommysquad ini didirikan sebagai wadah para wanita, baik yang sudah menikah atau belum, yang sudah memiliki anak atau belum. Semua boleh bergabung di komunitas ini. Kami hanya ingin memberikan tempat untuk para wanita ini berbagi keluh kesah, bersama-sama berbagi pengalaman, berbagi informasi, dan sebagai tempat untuk belajar bersama.

FOUNDER DAN ADMIN MOMMYSQUAD


Francisca, Ririn, Permata dan Dewi. Kamilah founder Mommysquad. Bersama-sama membangun komunitas ini dari nol. Beberapa bulan kemudian, bertambah seorang lagi yang bertugas sebagai admin. Ira namanya. Baik founder maupun admin, kami bekerja bersama-sama. Tidak ada perbedaan diantara kami. Tidak memandang kamu admin, saya founder, yang kita tahu kita satu keluarga. Keluarga Mommysquad.

Kami selalu berfikir, tidak mudah menjadi seorang wanita, istri juga seorang Ibu. Peran kita sebagai wanita cukup banyak untuk dimainkan. Pastinya hal itu sangat melelahkan. Apa yang terjadi jika seorang sudah lelah ? Yes, mereka mudah marah, dengan mudah pikiran-pikiran negatif hinggap di hati dan pikiran. Kalau sudah begitu, orang-orang disekitar kita pun akan terkena dampak emosi negatif itu. Contohnya saja seorang Ibu, jika sudah merasa jenuh, lelah apalagi kesal, siapa lagi kalau bukan anak-anak yang terkena dampaknya. Kita akan dengan mudah marah terhadap anak-anak.

Itulah kenapa kami ingin sekali membuat komunitas ini. Karena pastinya para wanita ini membutuhkan teman, untuk sekedar mendengarkan keluh kesah mereka. hal yang unik adalah saat kita sadar bahwa kita tidak sendirian. Pasti ada saja wanita lain yang juga merasakan hal yang sama. “Eh aku juga begitu lho, terus aku sih lakuin bla bla bla...” biasanya seperti itu.

Mommysquad sendiri mempunyai hampir 300 member yang terbagi ke dalam 3 whatsapp grup. Pembagian ini sengaja dilakukan agara lebih kondusif dan terpantau. Ya, kami mempunyai peraturan yang cukup ketat untuk para member. Salah satunya tentu tidak boleh asal mengirim sebuah artikel atau informasi, semua dilakukan harus seizin kami para admin. Selain itu juga, selalu ada kegiatan menarik di WAG mommysquad ini. Kita melakukan diskusi bertema di hari Selasa dan Jumat. Para member berdiskusi dengan tema yang sudah di sediakan dan dilarang membicarakan hal lain di luar tema.  Di hari Kamis, kami memperbolehkan para member untuk berjualan. Member yang mempunyai online shop boleh mempromosikan jualannya. Nantinya online shop para member juga di promosikan di Instagram Mommysquad (@mommysquad_ follow yak haha). Senin, Rabu dan Sabtu kami membolehkan member untuk berdiskusi bebas, apapun selain politik, pornografi dan SARA. Minggu ? Waktunya keluarga. Tak boleh ada yang berdiskusi di grup.


Selain mengurusi WAG member, kamipun rutin mengadakan Kuliah Whatsapp (kulwap), baik itu secara gratis ataupun berbayar. Lho kok bayar ? yaaa karena buat membayar narasumbernya juga haha. Biasanya untuk beberapa narasumber, apalagi memang sudah terkenal, mereka memasang tarif untuk menjadi narasumber. Harganya bermacam-macam. Tetapi banyak juga yang memang tidak mematok harga, atau meminta hal lain sebagai feedback. Misalnya saja, meminta semua peserta memfollow akun instagram narasumber. Pastinya, kami selalu mencari tema dan narasumber yang terbaik yang memang dibutuhkan para wanita ini.

Pernah berpikir “Ngapain sih cape-cape ngurusin banyak orang, dibayar juga nggak”. Sering banget hal itu melintas di pikiran, merasuk ke hati yang berujung ngedumel hahaha. Tapi, satu hal yang selalu aku ingat, ada hadist Rasulullah SAW, beliau bersabda : “Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”. Jadi apalagi yang harus dipusingkan ? Aku hanya ingin bermanfaat bagi orang lain, menebar manfaat bersama dengan komunitas ini. Sama seperti tujuan awal komunitas ini dibentuk. Harapannya sih, komunitas Mommysquad ini bisa tetap menjaga kewarasan para wanita-wanita kuat ini hahaha.

Semangaaat !!!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar