Berani Coba Rumbah Darinih?

By dewi siti nurfazriah - Agustus 28, 2019



Jika kalian sedang melintasi jalan Pantai Utara (Pantura) sempatkan untuk mampir ke warung Rumbah Hajjah Darinih. Terletak di Jl. Raya eretan kulon Belakang balai desa eretan kulon kec. Kandanghaur kab. Indramayu. Sesuai namanya, warung ini menyediakan makanan khas Indramayu yaitu rumbah. 



Rumbah sendiri merupakan makanan khas pesisir utara Jawa Barat yang dikenal luas oleh masyarakat Cirebon, Indramayu, dan Subang. Terdiri dari sayuran seperti kangkung dan tauge yang direbus dan disiram dengan saus kacang. Mirip seperti pecel, hanya saja Rumbah di warung hajjah Darinih ini menggunakan air petis yang membuat rasanya semakin khas dan nikmat. Selain itu, rumbah Darinih ini memiliki rasa pedas yang luar biasa. Jadi bagi kamu para pecinta pedas, wajib sekali coba makanan khas ini.

Rumbah ini bisa disajikan bersama lontong ataupun bisa dimakan secara langsung. Bisa juga dinikmati bersama bakwan (bala-bala) dan kerupuk sebagai tambahan.

Harganya sangat terjangkau, untuk satu porsi rumbah kangkung kita cukup merogoh kocek Rp. 6000 saja. Selain rumbah kangkung, warunh rumbah Hajjah Darinih juga menyediakan menu lain yaitu rumbah soun dan rujak petis. Terdapat juga beraneka macam minuman dingin, kerupuk, dan gorengan sebagai pelengkap.


Rumbah Hajjah Darinih sangat populer. Tidak hanya dikenal dikalangan warga Pantura, tapi hingga ke luar kota seperti Bandung, Bogor, dan Jakarta. Kabarnya, warung Darinih ini juga terkenal hingga ke mancanegara lho. Hal itu dikarenakan banyaknya tenaga kerja wanita asal Indramayu yang bekerja di luar negeri dan meminta agar dikirimkan sambal rumbah Darinih ini. Selain itu, penyanyi dangdut Iis Dahlia yang notabene berasal dari Indramayu juga pernah makan disini. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi si Rumbah ini? 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar