Family Project Day 4 - Belajar Menulis dan Berhitung

By dewi siti nurfazriah - November 01, 2020



Hari ini Ibu  dan Maryam berencana untuk mengisi soal-soal yang ada di activity Book (yang sebelumnya kita beli di toko buku). Memang sedari kemarin Maryam udah nggak sabar buat isi bukunya jadi saat hari ini diajak untuk belajar dia sangat senang dan bersemangat .

Buku itu berisikan kegiatan belajar untuk anak usia dini. Ada banyak sekali soal di dalamnya. Mulai dari berhitung, menulis, menggunting, menempel, mengenal anggota tubuh, anggota keluarga, cuaca, hewan dan tumbuhan dan masih banyak lainnya.
Ibu memilihkan soal-soal yang mudah untuk Maryam, seperti mengenal anggota tubuh, menebalkan garis putus-putus sampai ke soal berhitung.



Sebelumnya juga Maryam sudah bisa berhitung. Dia bisa menyebutkan angka dari 1 hingga 20, juga bisa mengerjakan beberapa soal penambahan yang mudah. Jadi saat ini Ibu hanya fokus mengajarkan Maryam untuk memegang pensil/spidol dengan benar dan mengajarkan menulis huruf juga angka.

Saat diminta untuk menjawab pertanyaan, Maryam dengan cepat bisa menjawabnya. Tetapi saat diminta untuk menuliskan jawabannya, Maryam sedikit kurang percaya diri. Dia selalu takut salah dan minta untuk dibantu. 
“Ayo coba tulis sendiri angkanya”
“Nggak mau, teteh nggak bisa”
“Teteh bisa ko, teteh kan hebat”
“Mau dibantuin”
“Nggak apa-apa yuk coba sendiri tulis disitu”
“Tuh jelek, Bu”
“Nggak apa-apa ih udah bagus ko, namanya juga belajar”


Tapi perlahan-lahan dia mulai mau mengerjakan semuanya sendiri. Ibu hanya meyakinkan tidak perlu takut salah, tidak mengapa kalau tulisannya jelek, karena semua ini proses belajar. Yang penting Maryam mau mencoba dan terus belajar. 



Kendala lainnya saat belajar adalah adanya gangguan dari si adik. Padahal Athar sudah diberikan buku mewarnai agar dia pun memiliki kegiatan. Tapi tetap saja iseng mengganggu kakaknya. 
Jadi proses belajar ini juga diwarnai dengan berantem antara adik dan kakak hahaha. 

Terimakasih buat Maryam yang semangat belajar dan mau berusaha. Selalu nikmati setiap prosesnya ya Nak!




 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar