Family Project Day 2- Berkebun

By dewi siti nurfazriah - Oktober 30, 2020

 




Jadi baru beberapa hari ini, halaman belakang rumah Ibu resmi mempunyai taman haha. Awalnya sedikit lahan kosong itu berisi tumpukan kayu, tanah juga batu sisa pembangunan. Memang sejak awal sengaja disisakan untuk dibuat taman. Tapi baru terealisasi 5 bulan setelah rumah ini ditempati. Maklumlah masih banyak prioritas lain untuk dikerjakan. Beberapa hari lalu, Ibu sengaja memanggil tukang kebun untuk merapikan lahan kosong itu dan menjadikannya taman sederhana yang kelak bisa ditanami berbagai macam tanaman.

Maryam : “Ibu, itu untuk apa ?”

Ibu : “Mau dibuat taman, Nak”

Maryam : “ hop nanti kita tanaman bunga ya?”

Ibu : “boleh”


Maryam dan Athar juga ikut membeli beberapa bunga dan memilih tanaman mana yang ingin mereka tanam. Seperti biasa Maryam memilih tanaman yang ada bunga berwarna pink, karena suka sekali dengan warna itu. Kalau Athar sih ikut aja. Asal tunjuk haha.


Setelah membeli tanaman kemarin sore, anak-anak tidak sabar untuk menanamnya. Padahal memang rencana ditanam keesokan harinya. Jadi mesti berkali-kali bilang kalau tanamannya akan ditanam besok pagi.



Sesuai janji, Pagi ini Ibu mengajak anak-anak untuk menanam tanaman yang sudah dibeli kemarin sore. Awalnya anak-anak senang dan antusias. Tapi setelah melihat tanah, cacing juga beberapa serangga, mereka mulai mundur. Takut dengan kotor dan serangga-serangga itu. 

Ibu berusaha meyakinkan kalau itu tidak apa-apa. Kalau kotor kita kan bisa mencuci tangan dan kaki. Ibu juga mengambil cacing dan memperlihatkannya kepada mereka. Cacing ini juga tidak menggigit dan tidak berbahaya. Tapi tetap saja anak-anak tidak mau. Mereka hanya melihat Ibunya menanam tanaman.

Setelah semua tanaman selesai ditanam, waktunya menyiram tanaman. Saat inilah mereka berebut untuk menyiram tanaman. Begitulah mereka nggak bisa menolak godaan bermain air haha. Walaupun sempat bertengkar berebut alat penyiram, tapi akhirnya mereka bisa bergantian menyiram tanaman. 



Saat berkebun seperti ini, Ibu bisa sekalian memberitahukan tentang bagaimana tanaman ini tumbuh dan apa saja yang mereka butuhkan. Ya bermain sambil belajar lah ya hehe

Oiya kita juga bisa lho memberitahu anak-anak bahwa tumbuhan  ini salah satu cipataan Allah. Allah jugalah yang menciptakan tanah, matahari serta air agar tumbuhan ini bisa tumbuh. 


Semoga kegiatan berkebun ini bisa menjadi rutinitas bersama yang berlangsung terus menerus ya , nggak cuma seminggu dua minggu aja haha
Karena banyak hal yang bisa kita berikan dan jelaskan kepada anak-anak dari kegiatan berkebun ini.




























  • Share:

You Might Also Like

0 komentar