#MODYARHOOD : STYLE BEFORE AND AFTER MOTHERHOOD

By dewi siti nurfazriah - Oktober 06, 2018


Apakah jadi Ibu mengubah Style kita ?
Ga banyak yang berubah setelah menjadi Ibu, penampilanku masih sama seperti sebelum jadi Ibu, bahkan sebelum menikah penampilannya ya begini-begini aja. Cuma setelah jadi Ibu tuh rasanya makin ga mau “riweuh” pengennya yang simpel-simpel aja. Iya sesimpel pake kerudung instan, seenak mie instan (#apasih). Apalagi kalau ada acara keluar, pasti yang paling riweuh itu ya Ibu, nyiapin baju anak-anak, baju suami, mandiin anak-anak, bajuin anak-anak. Giliran mereka udah pada siap, Ibunya yang masih hilir mudik cari baju setrika kerudung. Belum lagi Ayahnya suka nyeletuk aja gitu “ih lama banget sih ?” zzzz minta dicolok nih matanya haha.
Alasan lain kenapa milih pake kerudung instan adalah biar gak perlu pake jarum pentul, takut banget anak luka kena jarum di kerudung sewaktu gendong-gendong. Lebih aman aja jadinya kalau pake yang instant hehe.


Tapi ada sih satu hal yang berubah dari diri ini, yaitu jadi hobi DASTERAN, oh my god. Padahal ya dulu paling ga suka liat daster, apalagi daster batik, emak-emak banget deh liatnya. Sebelum nikah pernah bertekad NO DASTER, walopun udah jadi emak-emak harus tetep KECEH. Tapi ternyata, ko dasteran bisa senikmat ini ya hahaha (lebay)
apalagi semenjak menikah, aku diboyong suami ke Palembang, jadi anak rantau. Biasa tinggal di Bandung yang adem, dan pindah ke kota yang panas, bikin badan ini ga kuat kalo harus pake baju yang macem-macem. Apalagi cuma diem dirumah. Akhirnya dirumah kerjaannya pake kaos sama celana, dan lama-lama nyoba pake daster. Dan ku jatuh cinta sejak pertama memakainya haha. Asli lho adeeem, boleh dicoba.

Kalo make up gimana ?
Duuuh ini sih dari jaman kuliah juga paling gak bisa dandan. Pake bedak aja udah Alhamdulillah berasa jadi wanita seutuhnya. Baru kenal sama yang namanya eyeliner waktu kuliah tingkat tiga, dan kalo mau pake eyeliner ke kampus berarti harus rela sediain waktu tiga puluh menit hanya untuk pake itu spidol mata. Coret sana coret sini hapus sana hapus sini. Udah kaya buku gambar aja nih mata. Udah ga pernah dandan, sekalinya pake begituan ga ahli pula. Emang ga bakat sih.
Setelah punya anak dua, duh back to basic yaa pelembab sama bedak aja udah cukup, ga perlu deh pake make up ala ala beauty blogger diluaran sana. Keburu wisuda deh anak-anakku.

Terus apa dong yang berubah setelah jadi Ibu ?
Menurutku sih Waktu dan kepribadian
Iya gak sih ?
Setelah jadi Ibu, ga punya lagi tuh waktu buat lama-lama di kamar mandi, waktu buat menikmati makanan, waktu buat tidur kapanpun semau kita.

Setelah jadi Ibu, mau mandi aja was was takut anak nangis, takut anak kebangun dari tidurnya. Masuk kamar mandi, nyalain keran air, taunya anak nangis. Buru-buru deh jebur jebur, sabunan ya kalo sempet.

Setelah jadi Ibu, menikmati saat saat makan itu berasa hadiah terindah, gimana ngga, lagi enak-enak makan tau-tau anak pup, terpaksa deh ganti dulu popoknya, cuci tangan lanjut makan.

Setelah jadi Ibu, tidur siang itu adalah me time paling berharga yang kita dapatkan dengan susah payah. Apalagi anak udah dua. Kakaknya tidur adiknya bangun, adiknya tidur kakaknya bangun. Emaknya jadi zombie deh.

Lalu kepribadian, ko berasa jadi baperan ya setelah jadi Ibu. Anak susah makan sedih, anak sakit sedih, anak udah bisa jalan sedih juga. Ya Allah anakku udah gadis (padahal sih masih dua taun umurnya).

Hal lain yang berubah, ngerasa jadi lebih gesit aja dan multitalent gitu. Karena waktu yang ga banyak itu, jadi waktu yang sedikit bener-bener dimanfaatkan. Bisa dipake buat masak, buat nyuci, buat nyuapin anak, atau nyuapin anak sambil masak (ini sering terjadi haha)
mungkin kalo Ibu disuruh gendong anak sambil kayang juga kayanya bisa-bisa aja, secara ibu itu serba bisa.

Talent lain yang dimiliki setelah punya anak itu adalah potong poni, haha. Iya potong poni anak gadisku ini. Kalo udah kepanjangan dan mulai nutupin mata, mulai deh Ibu beraksi dengan gunting dan sisir, sreeeeet potong poni si anak. Maksa banget sih buuu haha. Soalnya mikir juga sih kalo cuma potong poni doang Ibu harus ke salon, sayang banget uangnya haha
Tetep yaa naluri irit nya keluar

Ahh, tapi tetep aja, apapun perubahan yang dialami setelah menjadi Ibu, apapun yang hilang setelah kita berganti peran menjadi seorang Ibu rasanya terbayar sudah saat kita melihat senyum anak-anak kita.
Lelah hilang saat kita bisa tertawa karena tingkah laku anak-anak kita
Dan menjadi seorang Ibu adalah keputusan yang tidak akan pernah aku sesali seumur hidup.

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. Waktu dan kepribadian.. Ngebayangin kalo udah punya anak, apalagi kalo masih bayi dan rawat sendiri, mau mandi aja kayaknya berasa dikejer-kejer hehe.

    Kepribadian.. mungkin ini jadi perjalanan spesial ya Teh, gimana Bu-Ibu juga belajar banyak hal dari anaknya.

    Yang pastiii harus mempersiapkan diri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku bahkan ampe naro anak di depan kamar mandi saking si anak ga bisa ditinggal walopun bentaran hhaha

      Hapus
  2. Wah pasti banyak banget perubahan setelah menjadi sosok ibu. Tapi ada yang tetep nggak berubah loh. Salah satunya tadi, tetao nggak bisa cepat pasang spidol mata ya kak?

    Gara° nyaman itulah, membuat emak-emak kalau ada diskon atau lagi ada bazar jual daster murah pada seneng banget. Berasa syurga, milih lama banget. Padahal motif sama, cuma beda posisi 1 warna saja langsung bingung banget milih. Efek sudah jatuh hati sama daster.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kayanya pengalaman banget nemenin emak2 beli daster wkwk

      Hapus
  3. Saya setelah jadi ibu rasanya gak banyak berubah kalo karakter dasar. Hanya, akhirnya jadi lebih fighter karena seorang ibu mengelola banyak hal, wajah dan perawakan jadi emak-emak soalnya sudah tua, hehe.

    BalasHapus
  4. Betul, rasa-rasanya perempuan yang ada di sekitarku nggak banyak berubah secara penampilan setelah kemudian resmi jadi ibu. Tapi gesture, sikap dsb itu yang biasanya berubah :)

    BalasHapus
  5. aku tetap pakai gaya semasa kuliah dulu juga teh karena lebih nyaman dan mudah bergerak lincah hahaa

    BalasHapus
  6. Baca ini jadi nggak sabar pengen jadi ibu juga ... Hehehe, kepo ...aku ntar bakal berubah nggak style-nya 😹

    Terima kasih sudah berbagi pengalaman ya, Kak ...mau style gimana pun, emak emak tetep ketjeehhh dah 😘

    BalasHapus
  7. aduh bingung aku kalo ngebandingan gaya saat masih abg dan emak emak karena dari dulu sukanya yg ringkes ringkes aje

    BalasHapus
  8. Aduh mbak aku banget semuanya 🤣 ayolah kapan ketemuan? Bikin we timenya emak-emak 😄 cuma bagian potong poni itu, aku gak diizinin sama suami. Terbukti sih, kalo motong rambut mengot2 terus 🤣🤣

    BalasHapus
  9. hahaha...berasa ngaca sama diri sendiri nih :P bedanya justru aku dulu suka dasteran, begitu jadi mamak jarang dasteran, bukan ttg kenyamanan tapi keamanan. ga kebayang pas jaga bocah keserimpet bawahan daster sendiri, huhuu...

    BalasHapus
  10. Yang berubah setelah jadi Ibu : yang pasti fisik yaa (skrg menggendats tak langsing lagi seperti dulu), dan target-target hidup berubah. Dulu target hidup bersifat individualistis, sekarang apa-apa maunya ngajak satu gerbong hahahaha.

    BalasHapus
  11. Saya baca cerita mbaknya sambil ngabayangin emak di rumah, secara mamak saya ada anak empat. Saya anak pertama, cewek sendirian, tiga adik saya cowok. wuihh gimana ga riweh punya adik cowok semua? haha

    Kadang sedihnya tu, saya pergi merantau untuk kuliah. Emak saya sendiri cewek di rumah, apa-apa semuanya emak ga ada yg bantu lagi. Emang sihh jadi seorang ibu itu, ibarat superwomen dah. Multitalent, multitasking, serba multi multi lainnya.

    Duduh gimana ya rasanya jadi ibu, masih single nih haha

    BalasHapus
  12. Setuju banget dengan kalimat ini, Mbak, yakni berganti peran menjadi seorang Ibu rasanya terbayar sudah saat melihat senyum anak-anak. Oh iya, potong poni anak sendiri itu jadi lebih hemat yah, Mbak, gak perlu ke salon lagi, hehehehe

    BalasHapus
  13. Selalu bangga dengan seorang ibu. Pernah nanya ke mama mau beli apa mama jawab daster aja. Dan jawaban itu bikin aku tertegun lama. Jadi seorang ibu mengubah banyak hal dan itu yang bikin aku bangga liat ibu-ibu lain di luar sana. ;)

    BalasHapus
  14. Ternyata daster jadi pakaian yang paling digemari ibu-ibu yaa hehehehe, kira-kira istri ku nanti pakai daster nggak yaa wkwk

    BalasHapus
  15. Mangats, Mak. Hehehe kumerasakan hal yg sama ketika mandi bisa secepat kilat demi ga digedor kelamaan tu hahaa

    BalasHapus